Tips dan Trik Membedakan Uang Asli dan Palsu

Diposting oleh :
Kategori :
sumber gambar : www.prfmnews.com

Sekarang banyak beredar uang palsu di indonesia khususnya di kota-kota besar di ibu kota. Banyak hal yang membuat orang membikin uang palsu salah satunya adalah susahnya mencari pekerjaan saat ini. Sehingga banyak orang yang mengambil jalan pintas dengan cara memasulkan uang untuk biaya hidup mereka.

Disini akan kami bagikan tips dan trik cara membedakan uang palsu dengan uang asli dengan berbagai cara berikut ini:

  1. Ciri-ciri uang rupiah asli
  • Bahan Baku

Bahan baku uang kertas dibuat dengan menggunakan kertas khusus yang berbahan serat kapas.

  • Benang Pengaman

Terdapat benang pengaman pada setiap uang kertas asli yang bentuknya seperti dianyam pada uang kertas pecahan Rp 100.000, Rp 50.000 hingga Rp 1.000 dan dapat berubah warna apabila dilihat dari sudat pandang berbeda.

  • Tanda Air

Semua uang kertas pecahan Rp 100.000 – Rp 1.000 terdapat tanda air atau gambar pahlawan serta logo BI dengan bentuk berbeda yang akan terlihat apabila diarahkan ke cahaya.

  • Teknik Cetak

Pada uang asli terdapat gambar tersembunyi multiwarna yang menunjukkan besaran angka pada setiap nominal uang.

  • Teknik Cetak Khusus

Gambar utama, lambang negara, angka nominal, huruf terbilang dan frasa negara kesatuan republik indonesia akan terasa kasar apabila diraba.

  • Kode Tuna Netra

Terdapat pasangan garis pada sisi kanan dan kiri ketika merasa kasar saat diraba.

  • Gambar Saling Isi

Logo BI akan terlihat utuh apabila diterawang ke arah cahaya.

2. Ciri-ciri mengenali uang palsu secara cepat

  • Dilihat

Perhatikan uang yang menurut anda aneh dan anda merasa curiga. Jika anda merasa uang itu uang palsu maka anda cukup melihat pada perubahan warna benang pengamannya. Jika tidak ada perubahan dan warna logo BI tetap sama maka uang itu dapat di pastikan uang palsu.

  • Diraba

Setelah melakukan pengamatan kemudian anda lakukan cara selanjutnya yaitu dengan diraba pada bagian gambar utama, angka nominal, lambang negara dan tulisan bank indonesia.

  • Diterawang

Langkah terakhir yaitu dengan diterawang ke arah cahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments

  1. Nice info tapi alangkah lebih baik dilengkapi dengan gambar sehingga lebih mudah dipahami. Satu lagi, ga ada cara instan untuk kaya. Butuh kerja keras, terus belajar dan jangan lupa berdoa ?

    1. siap kak … tapi saya pribadi juga masih begitu sulit untuk membedakan mana yang asli atau yang palsu karena jaman sekarang semakin canggih …. kalau mau kaya ya kerja hehehehe